Halaman

Senin, 21 Januari 2013

Cara Cepat Menghilangkan Jerawat Secara Alami

cara cepat menghilangkan jerawat

Mengenal Jerawat


Sebelum anda membaca cara cepat menghilangkan jerawat secara alami, ada baiknya anda ketahui dahulu tentang Jerawat. Jerawat atau Acne terbentuk akibat keadaan kulit yang tidak normal di mana terbentuk infeksi oleh bakteri dan radang pada kelenjar minyak di kulit manusia.

Tipe jerawat

Komedo

Komedo merupakan sebutan ilmiah dari pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka dan bisa juga tertutup.
Komedo yang terbuka biasa disebut sebagai blackhead, terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam Sebenarnya yang berwarna hitam itu bukan kotoran tetapi penyumbat pori yang berubah warna karena teroksidasi dengan udara.

Jerawat Biasa

Model jerawat yang sering kita temui, berupa tonjolan kecil berwarna pink atau kemerahan.
Jerawat Model ini disebabkan pori-pori yang tersumbat terinfeksi bakteri. Bakteri tersebut dapat berasal dari permukaan kulit, dari handuk, kuas makeup, masker, jari tangan, dan lain-lain.

Jerawat Batu

Nama ilmiahnya cyntic-acne, merupakan tipe atau bentuk jerawat yang paling parah, Penderita cystic-acne biasanya juga memiliki keluarga dekat yang juga menderita jerawat Model ini.
Banyak yang mengatakan jerawat Model ini diakibatkan alergi baik terhadap debu atau makanan tertentu, namun secara medis dapat dikatakan hal ini disebabkan oleh kekebalan tubuh terhadap bakteri penyebab jerawat sangat minim.

Penyebab Jerawat?


Aktivitas Hormonal yang mampu Memicu Produksi Kelenjar Minyak Terlalu Aktif

Aktivitas hormonal yang merupakan sebuah proses perubahan atau siklus hormonal yang terbentuk pada manusia. Ketika memasuki masa pubertas atau kedewasaan, manusia akan memproduksi hormon androgens yang cukup banyak sehingga berakibat sebum (kelenjar minyak) pun bertambah banyak. Pada masa siklus menstruasi, perempuan baisanya juga akan terbentuk perubahan hormonal yang bisa mengakibatkan tingkat produksi kelenjar minyak berlebihan.

Penyumbatan Pori-Pori

Kulit mati yang terakumulasi atau menumpuk akan menyebabkan folikel dan pori pori tersumbat hal ini bisa menyebabkan jerawat karena tidak ada jalan keluar bagi kelenjar minyak dan akan menyebabkan terbentuknya komedo.

Penginfeksian Bakteri

Bakteri Propionibacterium Acnes yang terdapat dalam pori-pori kulit merupakan faktor UTAMA penyebab jerawat, bakteri ini menginfeksi kelenjar minyak yang ada di dalam pori-pori kulit kita.

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya bisa dikatakan mudah tapi rumit. Jika anda memiliki masalah dengan jerawat, pasti takut dengan munculnya flek hitam di wajah. Noda hitam membuat kita menjadi kurang percaya diri, selain tak sedap dipandang mata. Setiap remaja mungkin menghadapi masalah dengan jerawat karena hal tersebut adalah bagian dari tanda pubertas atau masa dewasa. Berikut ini uraian beberapa tips simpel dan mudah cara mengatasi noda hitam bekas jerawat secara alami sehingga minim efek samping.

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Secara Alami


Lidah Buaya - Tidak hanya bersifat menenangkan kulit meradang, lidah buaya juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu meregenerasi jaringan sel-sel yang rusak. Tidak sedikit industri kosmetik yang menggunakan tanaman ini sebagai bahan utama produk perawatan untuk kulit. Lebih baik anda menggunakan lidah buaya yang masih alami ketimbang harus membeli di toko dengan harga yang mahal, juga terdapat kandungan zat adiktif.

Lemon - Kandungan asam sitrat, asam laktat dan glikolatjus pada jus lemon merupakan salah satu Model Asam Alpha Hydroxy atau lebih sering disebut dengan AHA yang sangat populer digunakan dalam berbagai Model kosmetik. Banyak produk perawatan kulit, salah satunya krim anti-penuaan dengan AHA sebagai bahan utamanya. Untuk cara menghilangkan jerawat dan bekasnya cukup mudah. Sebelum melakukan proses penghilangan, pastikan kulit Anda benar-benar bersih. Lalu sediakan mangkuk dan peraslah 1-3 lemon. Gunakan kapas untuk mengoleskan perasan lemon ke seluruh wajah khususnya pada bagian bekas jerawat. Hati-hati jika Anda memiliki kulit yang sensitif, air perasan lemon bisa mengakibatkan rasa perih pada kulit.

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Dengan Cepat


Putih telur - Putih telur terbukti ampuh dalam membantu menyamarkan bekas luka tak terkecuali bekas jerawat. Kandungan protein dan asam amino yang terdapat pada putih telur dapat mengencangkan pori-pori untuk mencegah munculnya jerawat baru sekaligus mencerahkan kulit bekas luka. Basuhkan putih telur ke seluruh bagian wajah Anda selama beberapa menit. Kemudian, diamkan putih telur mengering lalu bilas dengan air hangat. Lakukan 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Kesimpulannya adalah, Anda harus sadar jika cara perawatan kulit secar alami lebih baik karena tanpa efek samping yang signifikan. Gunakanlah salah satu cara menghilangkan jerawat dan bekasnya seperti di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar